tipe printer untuk cetak foto terbaik, printer pencetak foto

Tipe Printer Untuk Cetak Foto Terbaik yang Harus Kamu Tau

Printer Untuk Cetak Foto – Awal mula fungsi printer hanya memiliki fungsi untuk mencetak sebuah dokumen. Seiring berkembangnya teknologi, kini printer bisa juga digunakan untuk mencetak foto.

Dunia fotografer juga semakin melejit perkembangannya. Pastinya para fotografer menginginkan hasil fotonya dapat dicetak sesuai dengan foto aslinya. Maka dengan ini dibutuhkan printer yang canggih dan mampu mencetak foto yang memiliki kualitas bagus.

Tapi sekarang tidak perlu khawatir, ada banyak jenis printer untuk cetak foto yang dapat mewujudkan foto sesuai harapan kita. Printer ini telah memiliki kualitas yang mumpuni dengan dibekali teknologi canggih yang mendukun terciptanya hasil cetak foto menakjubkan.

Tipe printer apa saja itu?

Berikut jenis printer untuk cetak foto yang bisa dijadikan rekomendasi jika mau membelinya, antara lain:

Printer untuk Cetak Foto Jenis Canon

Ada printer untuk cetak foto jenis Canon dengan beberapa tipe berikut, antara lain:

Canon imagePROGRAF PRO-1000

printer untuk cetak foto Canon imagePROGRAF PRO-1000
bhphotovideo.com

Tipe printer Canon imagePROGRAF PRO-1000 ini telah dibekali teknologi-teknologi terbaru. Salah satunya adalah Lucia Pro Ink System, yaitu kemampuan mencetak foto dengan kualitas warna yang sangat akurat.

Printer ini mampu mencetak foto hingga resolusi 4.800 x 2.400 dpi karena teknologi khas Canon bernama FINE (Full-Photolithography Inkjet Nozzle Engineering). Oleh karena itu mampu menghasilkan cetakan dengan detail yang tajam serta natural.

Selain itu Canon PRO-1000 juga mampu mencetak foto hingga ukuran maksimal 17×22 inci dengan kualitas detail yang tetap tajam. Hal ini karena printer ini menggunakan 11 tinta warna dengan sentuhan teknologi Chroma Optimizer.

Teknologi tersebut bisa menghasilkan cetakan yang sempurna. Setiap warna yang ada bisa dioptimalkan agar mendapatkan hasil cetakan yang dinamis.

Dengan hasil yang sangat maksimal tersebut tidak mempengaruhi kecepatannya dalam mencetak. Dalam waktu 2,5 menit saja bisa mencetak foto full color berukuran 13×19 inci atau seukuran A3.

Dalam proses mencetak pun tidak ribet, printer ini dibekali fitur WiFi sehingga kita bisa mencetak foto hanya dengan menghubungkan printer dengan ponsel, tablet, atau laptop.

Dan tidak kalah pentingnya, printer ini telah dibekali teknologi anti penyumbatan yang akan membuat proses penyemprotan tinta berjalan dengan sempurna.

Canon Selphy CP1200

jenis printer untuk cetak foto Canon Selphy CP1200
ritzcamera.com

Canon Selphy CP1200 memiliki tiga poin yang ditonjolkan oleh produsen printer saat ini. Yang bisa memenuhi ketiga poin tersebut adalah printer portabel. Tiga poin itu adalah:

  • kemudahan proses mencetak
  • kecepatan dalam mencetak
  • koneksi printer

Printer ini dibekali berbagai cara untuk dapat tersambung dengan printer ini, yaitu dengan jaringan WiFi, USB, kartu memori, dan PictBridge. Bisa juga dengan aplikasi khusus dari Canon Selphy CP1200 untuk disambungkan ke ponsel Android maupun iOS.

Printer ini juga tidak memerlukan listrik dalam proses kerjanya. Hanya perlu memasang baterai yang disediakan untuk memulai mencetak foto. Baterai full bisa mampu mencetak hingga 54 foto. Padahal harganya bisa dibilang cukup murah dengan kisaran 1,3 jutaan.

Kecepatan dalam mencetak juga tidak perlu diragukan lagi dengan diimbangi kualitas yang mumpuni. Setiap foto yang telah dicetak pun telah dilapisi pelindung yang berfungsi melindungi foto tersebut dari debu dan air.

Canon Pixma iP8770

jenis printer untuk cetak foto Canon Pixma iP8770
shopee.com

Tipe printer ini cocok digunakan bagi yang mencetak foto hanya sesekali atau menggunaan fungsi scanner. Printer ini mudah untuk dibawa kemana-mana karena dimensinya 372 x 324 x 139 mm dan berat 6,5 kg.

Untuk mengoperasikan printer ini bisa menggunakan layar sentuh yang terdapat pada printer ini. Kecepatannya dalam mencetak foto bisa mencapai 21 detik untuk ukuran 10 x 15 cm. Dengan maksimal resolusi cetak 9600 x 2400 dpi.

Harga printer ini lumayan mahal, namun sebanding dengan kualitas cetak yang sangat bagus. Untuk proses scanning bisa dilakukan dalam waktu 14 detik ukuran kertas A4. Dengan resolusi 2400 x 4800 dpi dengan ukuran maksimal dokumen 216 x 297 mm.

Canon PIXMA TS9150

jenis printer untuk cetak foto Canon PIXMA TS9150
canon.ie

Kualitas cetak pada printer ini tidak kalah dengan tipe printer yang lain, hasil cetaknya juga bagus. Dalam waktu satu menit mampu mencetak 15 lembar foto hitam putih dan 10 lembar foto full color.

Printer ini memiliki beberapa fitur pendukung, yakni:

  • creative filter
  • dual paper feeder
  • touchscreen selebar 12,6 cm
  • konektivitas WiFi
  • ethernet
  • bluetooth

Canon PIXMA TS9150 juga bisa digunakan untuk scan dokumen yang memiliki ukuran maksimal 216 x 297 mm.

Canon Pixma TS 8050

printer untuk cetak foto Canon Pixma TS 8050
foto.co.id

Tipe printer ini merupakan printer yang khusus digunakan untuk cetak foto. Bentuk dan desainnya lebih kecil, ramping, dan compact. Namun hasil cetakannya tidak kalah karena memiliki kualitas terbaik.

Printer ini juga memiliki fitur scan dan copy dengan resolusi printer tinggi, yakni 9,600 x 2,400. Hal ini membuat kualitas foto yang dicetak sangat baik dan tajam. Kelebihan Canon Pixma TS 8050 yang jarang dimiliki printer lain adalah bisa mencetak foto dengan 2 sisi sekaligus. Dengan begini akan mempersingkat proses cetak.

Canon Pixma TS 8050 dibekali touchscreen 4,3 inchi yang digunakan untuk control panel. Ada juga fitur cetak foto via Apple Air Print, Google Cloud Print, dan Android print support. Mencetak melalui sosial media juga bisa, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll.

Printer untuk Cetak Foto Jenis Epson

Selain jenis Canon, printer untuk cetak foto juga ada yang dari jenis Epson. Berikut tipe printer Epson yang memiliki kualitas baik untuk cetak foto, yakni:

Epson Stylus Photo R2000

jenis printer untuk cetak foto Epson Stylus Photo R2000
epson.com

Printer tipe Epson Stylus Photo R2000 merupakan salah satu andalan serts produk unggulan Epson. Printer ini mampu memberikan hasil cetakan foto dengan warna natural dan akurat.

Printer Epson Stylus Photo R2000 menggunakan tinta set yang terdiri dari 8 warna, yakni:

  • magenta
  • merah
  • kuning
  • biru
  • oranye
  • mate black
  • photo black

Proses terakhir dalam mencetak ditambahkan gloss optimizer yang akan membuat lapisan glossy di setiap hasil cetak. Printer ini menggunakan tinta Epson UltraChrome Hi-Gloss® 2 yang membuat hasil cetak foto terlihat lebih maksimal.

Kualitas tinta tersebut diatur sangat baik oleh Epson’s Advanced MicroPiezo® AMC™ yang membuat hasil cetakan memiliki warna-warna yang sempurna.

Bukan hanya itu, kita mencetak foto menggunakan printer Epson Stylus Photo R2000 ini bisa meningkatkan produktivitas kita. Hal ini karena printer ini memiliki kapasitas kartrid tinta sampai 1,5 kali dari ukuran standar. Jadi dapat meningkatkan produktivitas hingga 50%.

Printer ini dapat digunakan untuk mencetak menggunakan kertas foto hingga art paper. Ukuran maksimal yang dapat dicetak adalah kertas A3. Menggunakan kertas roll yang biasa digunakan untuk mencetak spanduk juga bisa dicetak di printer ini.

Bagi yang tidak mau ribet mindahkan foto dari gadget ke laptop tidak perlu khawatir, printer ini dapat mencetak foto dari gadget. Printer ini sudah dilengkapi dengan fitur koneksi nirkabel yang mumpuni.

Epson PictureMate PM245

jenis printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM245
sg.carousell.com

Printer Epson PictureMate PM245 adalah sebuah printer yang dapat digunakan untuk mencetak di mana pun dan kapan pun. Kita bisa melakukan editing photo pada printer ini. Editing-nya bisa dilakukan melalui layar LCD 2,5 inci yang tersedia di printer ini.

Dalam proses mencetak foto, printer ini hanya membutuhkan waktu 37 detik saja dengan ukuran 10×15 cm. Foto yang dicetak pun penuh mengelilingi seluruh area kertas. Jika ingin mencetak foto ukuran 16:9 juga bisa.

Printer Epson PictureMate PM245 juga menggunakan teknologi Epson Claria Photographic Inks yang berfungsi untuk menghemat pemakaian tinta. Dengan biaya 380.000 bisa mencetak foto ukuran 4R sebanyak 150 foto.

Saat menggunakan printer ini kita hanya butuh mempersiapakan diri untuk mengisi ulang baterai printer. Dengan begitu kita bisa menggunakan printer di di mana pun dan selama apapun.

Epson Stylus Photo T60

jenis printer untuk cetak foto Epson Stylus Photo T60
printerchecker.com

Hasil cetakan printer Epson Stylus Photo T60 tidak perlu diragukan lagi. Kualitas foto sangat mumpuni dengan resolusi hingga 5.760 x 1.440 dpi. Hasil cetakan tersebut didukung oleh penggunaan 6 tinta warna yang berbeda, yakni:

  • kuning
  • magenta
  • light magenta
  • cyan
  • light cyan
  • black

Jika ada tinta yang habis kita cukup mengganti kartridnya saja karena setiap tinta tersimpan dalam kartrid yang berbeda.

Kecepatan dalam mencetak foto juga tidak perlu diragukan lagi. Printer ini dapat mencetak foto ukuran A4 dalam waktu 12 detik. Sedangkan untuk foto ukuran A4 adalah 37 ppm untuk cetak hitam-putih dan 38 ppm cetak warna dengan waktu 27 detik saja.

Printer Epson Stylus Photo T60 juga dibekali fitur WiFi, Etherner, dan USB 2.0.

Epson PictureMate PM-400

jenis printer untuk cetak foto Epson PictureMate PM-400
bhphotovideo.com

Printer Epson PictureMate PM-400 juga memiliki body yang bisa dbilang kecil yaitu 249 x 384 x 200 mm sehingga mudah di bawa kemana saja. Printer ini menggunakan 4 tipe warna, yaitu:

  • cyan
  • magenta
  • kuning
  • hitam

Dalam waktu 36 detik bisa mencetak foto tanpa border ukuran 4×6 inci. Resolusi cetaknya maksimal 5760 x 1440 dpi dengan kapasitas 50 lembar kertas foto. Printer ini support di berbagai OS seperti Windows XP, Mac OS, dan Windows 7 sampai Windows 10.

Epson SureColor SC-P800

jenis printer untuk cetak foto Epson SureColor SC-P800
epson.eu

Printer Epson SureColor SC-P800 merupakan salah satu jenis printer cetak foto terbaik untuk para profesional. Printer ini sangat cocok digunakan oleh para fotografer profesional dan seniman yang ingin menghasilkan foto agar bisa hidup di berbagai media, kerana printer ini menggunakan tinta UltraChrome HD sembilan warna.

Printer ini telah dibekali LCD touchscreen 2,7 inci yang memudahkan pengguna untuk mengatur dan memantau percetakan foto. Fitur konektivitas WiFi juga tidak ketinggalan disematkan dalam printer ini. Jadi kita akan lebih mudah mencetak melalui smartphone, tablet, maupaun PC atau laptop.

Resolusi cetak printer ini 2,880 x 1,440 dpi dan berkapasitas 120 lembar. Dalam satu menit bisa mencetak 3 halaman. Printer ini memiliki berat sekitar 19,5 kg dengan dimensi 684‎ x 376 x 250 mm. Harganya cukup mahal tapi sebanding dengan kualitas yang diberikannya.

Printer Untuk Cetak Foto Jenis Lain

Printer yang dapat digunakan untuk cetak foto tidak hanya berasal dari jenis Canon dan Epson saja, tapi ada juga dari lain seperti:

Fujifilm INSTAX SHARE SP-2

jenis printer untuk cetak foto Fujifilm INSTAX SHARE SP-2
amazon.com

Fujifilm yang biasanya dikenal sebagai produsen kamera instan, kini juga ikut ambil andil untuk meluncurkan sebuah printer khusus foto. Printer tersebut bernama Fujifilm INSTAX SHARE SP-2 yang memiliki body minimalis dan ramping sehingga mudah untuk digenggam.

Printer ini mampu mencetak foto yang memiliki kualitas 320 dpi dalam waktu 10 detik. Baterai yang digunakan bisa diisi ulang selama 90 menit. Dengan daya segitu mampu mencetak sampai 100 lembar foto.

Kita juga bisa editing foto sederhana pada printer ini, seperti mengatur saturation, contrast, dan brightness. Ada juga template yang digunakan untuk membagi satu foto menjadi dua foto dan collage untuk membuat foto kolase menjadi satu gambar.

Cara kerja printer ini untuk mencetak foto adalah menggunakan aplikasi Instax Share yang bisa di download dari App Store atau Google Play Store. Kemudian nyalakan WiFi untuk mulai mencetak foto. Tapi ada beberapa jenis smartphone yang belum kompatibel dengan aplikasi Instax Share.

Polaroid ZIP

jenis printer cetak foto Polaroid ZIP
crutchfield.com

Printer ini merupakan printer yang sangat fleksibel yang bisa dibawa ke mana-mana. Polaroid ZIP memiliki ukuran 8×12 cm, tebal 3 cm, dan berat 186 gram. Ukurannya tidak jauh berbeda dengan smartphone sehingga bisa masuk tas.

Dengan bentuk yang kecil maka ukuran foto yang dicetak pun juga kecil, yaitu  5×7,6 cm saja. Cara kerja printer ini menggunakan baterai berkapasitas 500 mAh dengan kemampuan mencetak foto hingga 25 lembar.

Polaroid ZIP tidak menggunakan tinta untuk mencetak foto, tapi menggunakan kertas foto khusus buatan polaroid yaitu kertas foto ZINK. Kertas itu memiliki harga Rp 450.000 dengan isi 50 lembar.

Kurang dari satu menit printer ini mampu menyelesaikan proses cetak. Untuk mencetaknya bisa menggunakan koneksi bluetooth pada gadget atau aplikasi Polaroid ZIP yang sepaket dengan printer ini saat membelinya.

HP Sprocket Photo Printer

jenis printer untuk cetak foto HP Sprocket Photo Printer
sea.pcmag.com

Printer HP Sprocket Photo Printer juga merupakan jenis printer portabel yang mudah di bawa ke mana-mana. Besarnya tidak lebih dari smartphone yang berukuran 5 inci dengan berat sekitar 170 gram saja.

Untuk mencetak foto, printer ini juga tidak menggunakan tinta tapi menggunakan kertas ZINK. Kertas tersebut berukuran 5×7,6 cm dengan lapisan perekat di bagian belakangnya seperti stiker. Harga dari kertas ZINK produksi HP ini memiliki harga 130 ribu berisi 20 lembar.

Cara kerja printer ini menggunakan aplikasi HP Sproket yang bisa diunduh di App Store maupun Google Play. Untuk mencetak foto tinggal pencet tombol di layar sentuh smartphone.

Itulah beberapa jenis printer yang memiliki kualitas bagus untuk mencetak foto kamu. Mulai dari printer foto studio hingga printer yang bagus untuk usaha cetak foto yang bisa dibawa ke mana-mana.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Terutama bagi yang ingin membeli printer untuk cetak foto semoga bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar