Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik

Inilah Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik

Kertas Foto yang Bagus – Hasil akhir sebuah foto tidak hanya dipengaruhi oleh jenis kamera yang digunakan dlam pengambilan gambar tersebut. Dalam mencetak foto diperlukan jenis printer untuk cetak foto yang memang dibekali dengan kemampuan khusus sehingga hasilnya bisa maksimal.

Eiitss .. bukan hanya itu saja. Jenis tinta printer yang digunakan juga harus sesuai dengan jenis printernya. Hasil cetak foto akan maksimal jika tinta yang digunakan sesuai dengan yang direkomendasikan.

Sedikit sentuhan editing foto akan menambah keelokan foto tersebut. Biasanya dilakukan sebelum proses print foto. Cara print foto yang harus diperhatikan salah saunya adalah pemilihan jenis kertas yang bagus.

Dalam pembahasan kali ini lebih ditekankan pada jenis kertas foto yang bagus untuk mencetak foto. Kertas apa sajakah itu?

Berikut ulasan mengenai merk kertas terbaik untuk foto sehingga menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi.

Jenis Kertas Foto yang Bagus

Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik
pmcukltd.co.uk

Kertas foto bisa jadi penentu hasil akhir dari cetakan yang diinginkan. Permukaan foto juga diperngaruhi oleh kertas foto yang digunakan, seperti kejelasan warna, tekstur, kontras, dan jenis fotografi yang diinginkan.

Jenis kertas foto yang bagus antara lain:

  • Kertas Glossy
  • Kertas Matte (Doff)
  • Double-Side Paper
  • Kertas Laster
  • Kertas Canvas
  • Kertas Inkjet
  • Kertas Luster
  • Kertas Metallic

Berikut uraian tentang beberapa jenis kertas tersebut beserta karakteristiknya masing-masing.

1. Kertas Foto Glossy

Kertas Glossy Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik
blog.deprintz.com

Glossy merupakan jenis kertas foto yang paling banyak dan paling sering digunakan. Terutama yang ingin mencetak foto dengan kualitas sedang. Namun hasil cetak yang dihasilkan pada kertas ini sangat tajam dan menghasilkan saturasi warna yang cerah. Sehingga dapat menampilkan hasil cetakan yang lebih hidup.

Kertas glossy tidak mengasilkan tampilan bertekstur ketika dipindai dan dipindah menjadi format digital. Kertas ini cenderung menempel pada kaca dan rentan terhadap sidik jari dan noda. Jika terkena sidik jari pasti akan meninggalkan bekas.

Berikut kelebihan dan kekurangan kertas glossy, yakni:

KeunggulanKekurangan
Permukaan kertas yang halusMemiliki sifat mudah lengket
Terlihat mengkilap dan berkelasSifat kertas yang tipis
Hasil cetakan bagus dan jelasWarna cepat memudar
Harga kertas glossy lebih murahMudah meninggalkan bekas
Cocok untuk foto beresolusi tinggi

2. Kertas Foto Matte (Doff)

Kertas Matte (Doff) Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik
informazone.com

Jenis kertas foto matte ini mempunyai permukaan yang lebih bertekstur dan sedikit refleksi cahaya. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk mencetak foto terutama foto hitam putih yang menampilkan kesan klasik. Biasanya yang menggunakan adalah para professional yang mampu menghasilkan tampilan berkualitas.

Kertas ini sangat mudah menyerap tinta. Jika ingin menaruh foto dalamĀ frame maka kertas ini adalah pilihan yang tepat. Kertas doff lebih awet dan tidak lengket. Berikut kualitas kertas matte secara umumnya yakni:

  • Tidak mengkilap
  • Tekstur halus di permukaan
  • Tidak mudah lengket ketika terkena sidik jari
  • Cocok untuk dimasukkan di bingkai
  • Lebih tahan goresan
  • Mudah menyerap tinta
  • Menghasilkan warna yang tajam

3. Double-Side Paper

Jenis kertas yang satu ini kebanyakan digunakan untuk mencetak foto pada kedua sisinya, yaitu bagian depan dan belakang. Yap, sudah bisa diketahui dari namanya yaitu double-side paper.

Karakteristik permukaan kertas ini tidak terlalu mengkilap tapi cenderung doff sehingga menghasilkan kualitas cetak yang cukup bagus. Jika ingin mencetak pamflet dan brosur sebagai sarana promosi, kertas ini sangat recomended.

4. Kertas Laster

Kertas laster merupakan jenis kertas yang bisa dibilang paling awet dibandingkan dengan jenis kertas lainnya. Karena keunggulan yang dimilikinya tersebut, maka kebanyakan kertas ini digunakan untuk kepentingan pencetakan dokumenter.

Laster merupakan kertas foto yang bagus dan tahan lama serta tidak mudah luntur. Bahkan kertas ini bisa awet hingga puluhan tahun. Kertas laster sangat cocok digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi dan mampu menghasilkan efek doff.

Ciri khas dari kertas laster adalah permukaannya yang seperti kulit jeruk. Banyak orang puas dengan keawetan kertas ini. Jadi, apabila Anda mau menekuni bidang digital photo printing jenis kertas ini bisa dijadikan pertimbangan.

5. Kertas Foto Canvas

Kertas jenis canvas ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan canvas lukisan. Teksturnya sedikit kasar dan memiliki guratan garis, sehingga akan memberikan nilai artistik yang sangat tinggi. Karena itulah kertas foto ini dinamakan sebagai kertas canvas.

Hasil cetakan fotonya pun memiliki tampilan yang persis dengan kertas canvas. Daya serap yang dimilikinya cukup baik sehingga menyerap tinta yang sangat baik. Jadi foto akan lebih cepat kering ketika dicetak.

Kertas ini pun dikatakan lebih awet jika dibandingkan dengan jenis kertas foto matte dan glossy. Dengan kualitas yang dimilikinya itu membuat harga kertas ini lumayan mahal.

Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kertas canvas sebagai berikut:

KeunggulanKekurangan
Memiliki ketebalan minimal 180 gsmMemiliki harga jual cukup mahal
Lebih awet dibandingkan kertas glossy
Memiliki daya serap tinggi jadi mudah tinta mudah kering
Memiliki tekstur kasar yang membuat hasil cetakan sangat bagus

6. Kertas Foto Inkjet

Kertas inkjet memiliki tekstur yang tidak jauh berbeda dengan jenis kertas foto yang lainnya. Hasil cetakan foto yang menggunakan kertas Inkjet memiliki sifat tidak mudah luntur dan tidak akan pudar, karena kertas ini tahan terhadap cairan.

Kertas ini memiliki gramasi tipis. Pada umumnya digunakan untuk mencetak kalender, poster, cover CD, dan sketsa. Hasil cetakannya memiliki kualitas jauh lebih tajam dan lebih jelas. Akan tetapi sebenarnya kertas inkjet kurang cocok untuk cetak foto.

7. Kertas Foto Luster

Kertas Luster Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik
blog.deprintz.com

Luster merupakan jenis kertas foto yang memiliki sedikit tekstur lapisan yang berkilau dan halus layaknya mutiara. Kertas ini memiliki saturasi warna lebih dalam dan kontras warnanya lebih tinggi.

Kertas luster sangat cocok ditaruh pada bingkai dinding serta akan tampak profesional. Kertas ini tidak menampilkan sidik jari dan anti silau. Hasil cetakan dari kertas ini akan memadukan glossy dan matte menjadi lebih indah dan tektur mengkilap.

Kualitas yang dimiliki kertas luster sebagai berikut:

  • Terlihat profesional
  • Permukaan halus
  • Mengkilap tapi tidak menyilaukan
  • Tampilan tajam seperti mutiara
  • Warna lebih kontras
  • Saturasi yang kaya warna
  • Sangat cocok untuk bingkai foto
  • Kertas lebih tebal
  • Tidak mudah membekas saat terkena sidik jari

8. Kertas Foto Metallic

Kertas Metallic Kertas Foto yang Bagus Untuk Hasil Cetak Kualitas Terbaik
blog.deprintz.com

Kertas metallic merupakan kertas yang memiliki kualitas sangat tahan lama. Hasil cetakan yang menggunakan jenis kertas ini mengkilap seperti chrome. Permukaan kertas ini halus yang memiliki ciri khas metalik. Warnanya pun mencolok seperti logam dan kontras warna yang lebih beragam dengan ketajaman luar biasa.

Berikut kualitas yang dimiliki kertas metallic ini antara lain:

  • Tampak mengkilap
  • Memiliki banyak ragam warna
  • Warnanya tajam
  • Hasil cetakan halus
  • Tahan lama

Tips Agar Mendapat Cetakan Foto yang Bagus

Tips Agar Mendapat Cetakan Foto yang Bagus dengan printer dan tinta berkualitas

Setelah mengetahui beberapa jenis kertas foto yang bagus untuk cetak foto ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan. Poin-poin ini akan mendukung terciptana hasil cetakan foto yang bagus.

Hal-hal apakah itu?

1. Kualitas Printer

Printer merupakan benda yang tidak kalah penting dalam proses mencetak foto. Kualitas printer yang mumpuni sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang bagus. Ada jenis printer untuk cetak foto khusus yang sudah dibekali kemampuan mumpuni.

Akan lebih baik jika menggunakan jenis kertas yang satu merk dengan printer atau jenis kertas yang disarankan untuk printer tersebut. Hal ini akan membuat cetakan foto lebih berkualitas.

2. Kualitas Tinta

Jangan sepelekan masalah jenis tinta, karena kualitas tinta juga akan berpengaruh terhadap hasil cetakan foto. Sebaiknya memilih jenis tinta yang memang sesuai dan disarankan untuk mencetak foto.

Tidak perlu khawatir, di pasaran sudah tersedia banyak jenis tinta dengan harga yang cukup bervariasi. Tapi jangan lupa bahwa harga tersebut sesaui dengan kualitas tintanya.

3. Kualitas Warna yang Digunakan

Untuk menghasilkan cetakan foto yang bagus tentunya warna yang digunakan akan mempengaruhi hasil akhir cetakan tersebut. Jumlah catrid yang digunakan pun juga harus diperhatikan.

Bisa dengan cara memilih printer yang memiliki enam warna. Dimana jenis yang warna yang bagus untuk mendapat hasil cetakan foto yang bagus antara lain:

  • cyan
  • magenta
  • yellow
  • black
  • light cyan
  • light magenta

Dengan menggunakan jenis tinta yang seperti itu maka akan menghasilkan cetakan foto yang memiliki kualitas jauh lebih berkualitas.

Itulah beberapa jenis kertas foto yang bagus untuk menjadikan foto kita terlihat lebih berkualitas beserta tips menghasilkan cetakan foto yang bagus. Tentunya foto itu dihasilkan dari kamera yang bagus. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan referensi bagi yang masu cetak foto. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar