jenis tinta printer

Kenali 7 Jenis Tinta Printer Beserta Karakteristiknya

Jenis Tinta Printer – Tinta printer merupakan salah satu perlengkapan yang penting agar printer dapat menjalankan tugasnya. Tinta yang berfungsi untuk mewujudkan gambar, teks, atau diagram sesuai dengan yang ada di dalam komputer atau laptop.

Jika bacara tentang jenis tinta printer, di pasaran sudah terjual sangat banyak dan beraneka ragam. Kita bisa membeli tinta printer sesuai dengan printer kita atau bisa disesuaikan dengan fungsi, harga, dan kualitasnya.

Berikut pembahasan mengenai jenis tinta printer beserta karakteristiknya.

Jenis Tinta Printer

jenis tinta printer, cmyk color
instantprint.co.uk

Jenis printer saja terbagi menjadi banyak macam. Sudah tentu tinta yang digunakannya pun tidak semua sama. Penggunaan tinta printer pun juga dipertimbangkan dengan fungsi dari tinta tersebut untuk mencetak apa. Jadi tidak bisa asal dalam menggunakan tinta printer.

Biasanya tinta printer ada yang memiliki kualitas biasa, bisa tahan lama, anti air, tahan terhadap sinar matahari, untuk cetakan indoor atau outdoor, dan lain-lain. Berikut jenis tinta printer beserta karakteristiknya, antara lain:

1. Tinta Printer Dye Base

Tinta Printer Dye Base
sites.google.com

Tinta ini biasanya juga disebut dengan water based. Bahan dari jenis tinta ini terbuat dari air dan colourant. Tintanya bisa mengendap pada head catridge, tapi karena harganya yang terjangkau jadi banyak yang menggunakan jenis tinta ini.

Hasil cetakan yang menggunakan tinta dye base memiliki warna yang bagus dan warna yang cerah. Apalagi untuk mencetak di kertas foto akan menghasilkan hasil yang lebih bagus.

Warna yang dimiliki oleh jenis tinta ini lebih beragam jika dibandingkan dengan tinta pigment. Tapi tinta ini tidak akan tahan atau bakal luntur saat terkena air dan cahaya jika diaplikasikan pada kertas HVS.

Pewarna tinta dye ini larut dalam air dan merembes ke serat kertas. Warna tintanya bening atau transparan kebalikannya tinta pigment, sehingga hasil cetakannya kurang pekat.

2. Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta Printer Pigment (Durabrite)
tokopedia.com

Tinta pigment biasa disebut dengan tinta durabite atau tinta minyak. Tinta ini berasal dari pewarna pigment atau biasanya berupa bubuk. Jenis tinta ini tidak larut dalam air. Nama campurannya dalam bahasa Inggris disebut dengan “suspension“.

Pewarna pigment ini berupa bubuk sehingga membuat partikel warna tidak ikut merember masuk ke serat kertas. Partikel pewarna tersebut tinggal di permukaan dan menjadi lapisan pewarna yang lebih tahan cahaya dan tidak mudah luntur.

Tinta pigment ini warnanya seperti susu atau buram. Jenis tinta ini tidak memiliki banyak pilhan warna tetapi partikel tintanya lebih solid pada cetakan kertas. Pada proses pengeringannya lebih cepat jika dibandingkan dengan tinta Dye.

3. Tinta Printer Sublimation

Tinta Printer Sublimation
bukalapa.com

Tinta sublimation digunakan untuk printer Inkjet biasa. Namun yang mengembangkan  bukan pabrik pembuat printer. Tinta ini dikembangkan oleh pihak yang memanfaatkan teknologi Inkjet untuk keperluan komersial.

Dengan menggunakan jenis tinta ini, maka proses sublimasion (proses padat langsung menjadi gas) bisa di pindahkan untuk memindahkan gambar yang dicetak dengan tinta sublim ke bahan lain (seperti kain, polyster, keramik, dll) setelah dipanasi dengan mesin pemanas sepeti setrika.

4. Tinta Printer Art Paper

Tinta Printer Art Paper
bukalapak.com

Sudah jelas dari nama tintanya yaitu tinta art paper, jadi jenis tinta ini digunakan untuk mencetak pada kertas art paper. Tinta art paper ini memang dikhusukan untuk mencetak file-file dengan media art paper ivory yang memiliki gambar full.

Tinta art paper ini juga dapat membuat printer Inkjet mampu mencetak dengan media art paper. Hasil cetakan yang menggunakan jenis tinta ini dapat menghasilkan gambar yang tajam, warnanya cerah, melekat sempurna ke kertas art paper, serta aromanya sangat lembut.

Jenis tinta art paper ini bisa digunakan pada printer Epson desktop biasa, seperti Epson C79, Epson C90, Epson 1390, Epson 1290, Epson R230, Epson T11, Epson T20, dan Epson T1100.

Tinta art paper terbagi menjadi dua jenis, yakni:

1. Tinta Printer Art Paper Korea

Tinta art peper korea memiliki karakteristiktidak mudah pudar dan luntur meskipun terkena sinar UV secara langsung dan dalam jangka waktu yang panjang. Jenis tinta ini sangat cocok untuk mencetak photo yang membutuhkan kualitas bagus dan bisa bertahan lama baik ditempatkan di outdoor atau indoor.

Hasil cetakan tinta art paper korea lebih tajam dan halus. Biasanya juga digunakan untuk mencetak di kertas:

  • sticker photo paper
  • photo paper
  • art paper
  • kertas PVS, dll

2. Tinta Printer Art Paper China

Karakteristik tinta art paper China sama dengan jenis tinta art paper Korea. Namun ada sedikit perbedaan pada hasil cetakannya. Hasil dari tinta ini lebih natural dan warnanya tidak pudar serta bisa tahan lama meskipun terkena sinar matahari.

5. Tinta Printer Solvent

Tinta Printer Solvent
ec21.com

Tinta priter jenis solvent memiliki kualitas yang sangat baik. Tinta ini tahan terhadap air dan sinar matahari dalam waktu yang lama. Bahan dari tinta solvent terbuat dari cat duco dan ada juga bahan lainnya.

Biasanya jenis tinta ini digunakan untuk mencetak:

  • banner
  • spanduk
  • billboard
  • neonbox
  • dan outdoor printing lainnya

Karena sifatnya yang tahan terhadap sinar matahari dan air, maka tinta ini memang sangat cocok untuk outdoor printing. Tapi tinta ini memiliki bau yang sangat menyengat. Harganya pun lebih mahal dibanding jenis tinta yang lain.

6. Tinta Printer Eco Solvent

Tinta Printer Eco Solvent
tokopedia.com

Tinta eco solvent hampir sama dengan tinta solvent. Namun karakteristik dari tinta eco solvent ini kurang tahan terhadap air dan cahaya matahari. Oleh karena itu banyak digunakan untuk indoor printing. Tinta ini tidak memiliki bau yang menyengat seperti tinta solvent.

7. Tinta Printer Textile DTG

Tinta Printer Textile DTG
tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, tinta textile DTG khusus digunakan untuk printer DTG saja. Tinta ini sangat ramah pada Head Printer DTG. Khususnya pada Head Tipe Micro Piezzo (Jenis Head Epson Atau Brother).

Hasil cetakannya bisa dibilang cukup tajam, halus, cerah, dan tidak mudah luntur. Tinta ini bisa digunakan untuk mencetak diberbagai jenis kain garment, seperti:

  • baju
  • kaos
  • jaket
  • kain cotton combed
  • kain polyester, dll

Tinta textile DTG memiliki dua jenis, yaitu:

1. Tinta Duppont P5910

Jenis tinta textile DTG yang ini adalah tinta yang memiliki hasil cetak paling putih dibandingkan merek-merek lainnya. Tinta ini paling dipercaya oleh para pengguna printer DTG.

2. Tinta DTG Jerman

Karakteristik dari tinta DTG Jerman adalah hasil cetakan yang lebih tajam, lebih tahan lama, tidak mudah luntur meskipun dicuci berkali-kali. Biasanya tinta ini di padu dengan treatment light (kaos putih) dan treatment dark (kaos gelap).

Itulah beberapa jenis tinta printer yang memiliki karakteristik masing-masing. Setiap printer menggunakan jenis tinta yang berbeda-beda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan mencetak.

Semoga dengan pembahasan pada artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari jenis tinta untuk printer kalian.

Tinggalkan komentar