jenis kertas stiker, desain stiker, contoh stiker, kertas stiker, jenis stiker, stiker lucu, stiker unik, stiker hd, kumpulan stiker

Jenis Kertas Stiker dan Cara Membuat Stiker yang Sangat Mudah

Jenis Kertas Stiker – Hampir semua orang mengetahui stiker. Stiker merupakan benda yang ditempelkan disuatu tempat, baik itu hanya untuk hiasan maupun ada fungsi tertentu.

Apa itu stiker?

Stiker adalah kertas yang mempunyai daya rekat yang kuat untuk merepresentasikan berbagai macam bentuk maupun gambar.

Ada yang menggunakan atau membuat stiker hanya untuk berkreasi saja, bisa juga untuk menyalurkan hobi mereka. Misalnya digunakan untuk aksesoris atau tempelan di barang pribadi.

Stiker bisa juga digunakan sebagai media promosi offline. Banyak sekali para pelaku usaha ataupun NGO (Non Governmental Organization) yang berminat menggunakan stiker. Hal ini dikarenakan harganya yang murah serta bahannya mudah di dapat sehingga sangat efektif.

Apa saja sih bahan atau jenis kertas untuk stiker?

Mari kita bahas bersama jenis kertas atau bahan apa saja yang dapat digunakan untuk stiker.

Jenis Kertas Stiker Tahan Air

Jenis kertas stiker tahan air, stiker anti air, desain stiker, stiker lucu, stiker menarik, stiker hd, kumpulan stiker
qomaruna.com

Nah, bahan stiker ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang mempunyai komunitas dan suka touring bareng komunitas. Jika membuat stiker dengan bahan ini, maka tidak perlu khawatir ketika cuaca sedang tidak mendukung.

Jenis kertas stiker tahan air ini tidak hanya awet ketika terkena air. Saat terkena cuaca panas pun dia akan tetap awet. Berikut pilihan jenis stiker tahan air yang dapat digunakan.

1. Kertas Vinyl

Jenis kertas stikel yang pertama ini merupakan jenis kertas yang cukup banyak peminatnya. Kualitas yang dimilikinya memang tidak perlu diragukan lagi.

Kertas tahan air ini memiliki permukaan yang glossy dan bertekstur plastik yang lentur. Daya tahan terhadap air dan cuaca panas sangat kuat.

Proses mencetaknya tidak dapat menggunakan printer Inkject biasa, melainkan harus menggunakan Laser Printer. Karakteristik kertas vinyl adalah permukaannya yang glossy dan sangat cocok untuk stiker outdoor.

2. Kertas Stiker Yuppo

Bahan baku kertas stiker yupo adalah sintetis. Kertas ini sangat tahan dengan air, minyak, atau bahan kimia lainnya. Kertas ini sangat cocok digunakan untuk luar ruangan. Yuppo merupakan kertas stiker untuk label produk, brosur, maupun barcode.

3. Kertas Stiker Gold Foil

Kertas gold foil biasanya disebut sebagai gold leaf atau kertas emas. Bentuk dari kertas ini adalah pigmen tipis dan kuat.

Ada yang membedakan jenis kertas stiker gold foil dengan jenis lainnya. Pada umumnya perekat kertas stiker sudah menempel pada kertas stiker tersebut. Tapi hal itu tidak berlaku pada kertas stiker gold foil ini. Jika ingin menempelkan kertas ini harus mengoleskan lem khusus terlebih dahulu.

Penggunaan kertas ini dimaksudkan agar objek yang ditempel berwarna keemasan. Biasanya kertas stiker ini digunakan untuk:

  • Kaligrafi
  • Tembok
  • Ukiran kayu
  • Kubah masjid
  • Plafond
  • Daun pintu
  • Lesplang
  • dan hiasan bangunan lainnya

4. Kertas Stiker Chrome

Bagi pemuda-pemuda pasti tidak asing lagi dengan jenis stiker yang satu ini. Karena jenis kertas stiker chrome digunakan untuk melapisi body motor agar terlindungi dari goresan. Kertas ini dilapisi glitter yang dapat membuat motor dapat mengkilap.

Jenis Kertas Stiker Lainnya

jenis kertas stiker, desain stiker, contoh stiker, kertas stiker, jenis stiker, stiker lucu, stiker unik, stiker hd
wallpaperaccess.com

Kelompok stiker lainnya ini merupakan stiker yang biasa dan bukan bahan stiker anti air. Dari segi harga, stiker ini tidak terlalu mahal, sehingga banyak juga yang menggunakannya.

Berikut jenis kertas stiker yang biasa digunakan.

1. Kertas Stiker HVS

Ukuran kertas stiker HVS ini sama persis seperti kertas HVS atau bisa juga seperti kertas A4 yang berukuran 217 mm x 299 mm. HVS merupakan kertas stiker yang bisa di print dengan printer biasa, yaitu printer Inkjet sehingga mudah digunakan.

Namun daya tahan dan rekat yang dimilikinya tidak begitu baik. Sehingga jika terkena air akan mudah terkelupas. Kertas stiker ini sangat cocok digunakan untuk membuat souvenir di dalam rumah atau stiker apapun yang penting indoor.

2. Kertas Stiker Bontax

Tekstur dari kertas bontax seperti kertas biasa, tetapi mempunyai daya rekat yang tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan untuk beragam kemasan produk.

Sebelum mencetak stiker bontax ini, terlebih dahulu harus dipotong dengan ukuran HVS. Setelah itu baru dapat dicetak pada printer Inkjet. Agar stiker dapat bertahan lama, bisa ditambahkan laminasi ketika proses finishing.

3. Kertas Stiker Chromo

Bahan dari kertas stiker chromo ini bersifat licin. Kertas stiker ini sangat cocok untuk dicetak separasi, serta memiliki daya lengket yang cukup tinggi. Pada umumnya jenis kertas stiker ini digunakan untuk:

  • Label botol
  • Promosi
  • Stiker pilkada

Lebih baik kita menggunakan stiker ini pada ruangan saja. Hal ini dikarenakan stiker akan mudah luntur jika terkena air hujan.

Jenis Kertas Stiker Motor

jenis kertas stiker, desain stiker, contoh stiker, kertas stiker, jenis stiker, stiker lucu, stiker unik, stiker hd, Stiker Oracal, Stiker Ritram, Stiker Glitter, Stiker D-Cifix, Stiker Scotchlite
apkpure.com

Ada berbagai cara untuk membuat motor tampil beda dan terlihat indah. Stiker adalah salah satu benda yang dapat digunakan untuk memodifikasi motor agar terlihat trendi. Biasanya dipasang pada body motor, ban, velek, atau yang lain.

Banyak jenis kertas stiker yang dapat digunakan untuk motor. Termasuk cutting sticker yang cukup populer dikarenakan saat membentuk model dan memotongnya sangat mudah.

Ada beberapa jenis stiker cutting yang dapat dipakai untuk motor, antara lain:

1. Kertas Stiker Oracal

Karakteristik kertas stiker ini adalah lentur, tidak dapat memantulkan cahaya, dan mempunyai ketahanan warnanya kuat. Stiker ini sangat cocok ditempel pada body motor karena memiliki kelenturan.

Kertas stiker Oracal dijual dengan harga 80 ribu. Apabila digunakan untuk menutupi seluruh body motor diperlukan biaya antara 600 ribu hingga 2,5 juta rupiah.

2. Kertas Stiker Ritram

Jenis stiker ini memiliki harga yang terjangkau dan pilihan warna yang beragam. Oleh karena itu jenis ini paling banyak digunakan. Menggunakan stiker ini untuk satu motor memiliki harga 400 ribu hingga 900 ribu.

Dengan harga segitu juga mempengaruhi kualitasnya. Stiker ritram memiliki kertas lebih tipis dibanding kertas oracal serta warna yang mudah pudar. Bagi yang baru mencoba modifikasi motor, jenis kertas stiker ini bisa dijadikan pilihan.

3. Kertas Stiker Glitter

Sebagian orang menginginkan motornya terlihat elegan. Kertas stiker glitter adalah pilihan yang tepat untuk memodifikasi motor agar terlihat elegan. Hal ini dikarenakan stiker ini memiliki tampilan yang dapat bersinar. Masalah harga juga sangat terjangkau, setiap meternya hanya 40 ribu.

4. Kertas Stiker D-Cifix

Jenis kertas stiker D-Cifix biasanya digunakan untuk melapisi dasar body motor. Meskipun begitu, stiker ini juga dapat digunakan untuk membuat motif yang minimalis. Stiker ini dapat dijangkau dengan harga sekitar 20 ribu per meternya.

5. Kertas Stiker Scotchlite

Inilah stiker yang memiliki daya rekat sangat tinggi, yaitu stiker scotchlite. Jenis stiker ini tidak mudah mengelupas. Jadi, harus sangat berhati-hati apabila ingin menempelkan stiker ini, apalagi pada body motor.

Harga kertas stiker scotchlite setiap meternya adalah sekitar 40 ribu. Bahannya agak tipis dan bisa memantulkan cahaya. Sangat cocok bagi orang yang suka motornya tampil berkilau.

Cara Membuat Stiker

cara membuat stiker, cara mendesain striker, jenis kertas stiker, desain stiker, contoh stiker, kertas stiker, jenis stiker, stiker lucu, stiker unik, stiker hd
www.infocetak.com

Membuat stiker bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat stiker dengan peralatan seadanya di rumah. Hal ini dapat digunakan untuk mengasah skiil desain kita.

Persiapkan dengan baik agar tidak sampai membuang-buang tinta dan juga kertas karena kesalahan. Ada beberapa cara untuk membuat stiker dengan printer Inject biasa, berikut langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan Kertas Stiker

Penggunaan kertas stiker dapat disesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk outdoor atau indoor. Pilih kertas yang memiliki kualitas bagus seperti yang tertera pada uraian di atas. Biasanya dijual dengan ukuran letter dalam kemasan 50 lembar.

2. Desain Gambar dengan Software

Untuk membuat desain stikernya tidak harus menggunakan software asli untuk desain grafis kok. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang bukan desainer bisa berkreasi dengan software apapun yang kalian bisa.

Pada umumnya membuat desain menggunakan software Corel Draw, Adobe Photoshop, atau Miscrosoft Word juga bisa. Gunakan dokumen letter standar. Jika stiker berukuran kecil, sebisa mungkin tata objek tersebut agar muat dalam satu kertas. Jangan lupa beri jarak untuk nantinya digunakan sebagai tempat memotong.

3. Mengatur Warna

Periksa warna yang digunakan pada desain stiker tersebut. Penggunaan warna yang berat akan mengurangi isi tinta printer. Misalnya warna stiker lebih banyak yang hitam, maka tinta hitam yang akan cepat habis.

4. Mencoba Print dengan Kertas Biasa

Sebelum menggunakan kertas stiker yang asli, gunakanlah kertas biasa untuk mencetak. Karena kertas stiker harganya lebih mahal, maka jika terjadi kesalahan tidak akan merugikan kita.

5. Cetak Stiker

Setelah melakukan percobaan menggunakan kertas biasa, jika sudah benar gunakan kertas stiker ke dalam printer. Masukkan kertas beberapa saja, jangan sampai terlalu banyak karena akan membuat printer rusak.

Saat proses mencetak selesai, jangan langsung menyentuh hasil cetakan tersebut. Hal ini dikarenakan kertas stiker memerlukan waktu agar tinta bisa kering dan menempel pada stiker.

6. Potong Stiker

Memotong stiker dapat menggunakan gunting atau pemotong kertas secara langsung. Dalam hal memotong ini sesuai dengan keinginan kalian masing-masing. Jika stiker mempunyai pola, bisa juga dipoting mengikuti pola tersebut.

Kita bisa memilih jenis kertas stiker sesuai dengan kebutuhan kita, misalnya kertas untuk sertifikat apabila akan membuat sertifikat, jika akan membuat undangan maka cari tau dulu jenis kertas undangan, dll.

Dari ulasan di atas kita dapat mengetahui jenis kertas stiker beserta harganya. Harga stiker mempengaruhi jenis kertas stiker. Jadi pintar-pintarlah memilih jenis kertas stiker yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Referensi artikel:

Tinggalkan komentar