jenis jenis poster

[Lengkap] Jenis Jenis Poster hingga Cara Membuat Poster

Jenis Jenis Poster – Sudah tidak asing lagi dengan yang namanya poster. Pasti kebanyakan orang hampir semua sudah mengetahui apa itu poster. Poster banyak digunakan sebagai media promosi, iklan, dan untuk menyampaikan informasi.

Lalu apa saja isi dari poster itu? Berikut ulasan mengenai poster.

Pengertian Poster

pengertian poster
www.freepik.com

Pengertian poster menurut Wikipedia adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar.

Sedangkan secara umum, poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Pada umumnya, poster dipasang di tempat ramai yang dirasa strategis, misalnya di area sekolah, kantor, pasar, fasilitas kesehatan dan lain-lain.

Bisa juga dengan cara ditempelkan pada bidang datar, seperti tembok atau papan yang berada di pusat keramaian.

Poster memiliki sifat mencari perhatian khalayak ramai, sehingga bisa digunakan untuk mempromosikan suatu produk, jasa, kegiatan, maupun seputar pendidikan.

Pada umumnya informasi yang berada di poster bersifat mengajak masyarakat.

Ciri-Ciri Poster

ciri ciri poster tahun baru 2020
www.freepik.com

Poster memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat digunakan untuk membedakannya dengan media publikasi lainnya. Berikut ciri-ciri yang dimiliki poster, yakni:

  1. Desain grafis poster terdiri dari huruf dan gambar yang berada di media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Dipasang di tempat datar yang kemungkinan besar akan menarik perhatian, misalnya di tembok atau papan.
  3. Warna yang dimilikinya memiliki perpaduan warna yang kontras dan juga kuat.
  4. Bahasa yang digunakan singkat namun jelas dan mudah dipahami.
  5. Teks desertai dengan gambar untuk mempermudah penyampaian pesan.
  6. Memberikan kesan yang dalam meskipun dapat dibaca sambil lalu.

Syarat Sebuah Poster

syarat poster
www.freepik.com

Agar bisa dikatakan sebuah poster, dia pun memiliki syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatannya. Berikut beberapa syarat sebuah poster:

  1. Bahasa yang digunakan harus yang mudah untuk dipahami.
  2. Kalimatnya harus tersusun singkat, jelas, padat, namun berisi.
  3. Teks pada poster harus dikombinasikan dengan gambar.
  4. Poster harus dapat menarik minat atau perhatian khalayak ramai.
  5. Bahan untuk media poster tidak boleh sembarangan, harus kuat dan tidak mudah sobek.
  6. Ukuran poster harus menyesuaikan tempat yang akan digunakan untuk memasangnya dan juga siapa target pembacanya.

Fungsi Poster

fungsi poster
www.freepik.com

Poster sebenarnya sudah ada sejak zaman perang. Namun hingga kini poster masih dapat terus bertahan dan terus digunakan oleh masyarakat. Memangnya apa yang membuatnya dapat bertahan hingga sekarang?

Yang dapat mempertahankan poster hingga sekarang adalah fungsi dari poster itu sendiri yang beraneka ragam. Apa saja fungsi poster?

Berikut beberapa fungsi poster yang sering digunakan,antara ain:

1. Sebagai media propaganda
Fungsi ini dipakai ketika masih zaman perang dulu. Propaganda adalah hal yang dilakukan pemerintah supaya rakyat bersatu melawan musuh. Nah, poster adalah media ampuh yang digunakan hal itu.

Ada juga yang menggunakan poster sebagai propaganda namun sebenarnya adalah kritik sosial untuk pemerintah. Hal ini dilakukan oleh pelukis Affandy yang membuat poster-poster kritis dan penyair Khairil Anwar sebagai pengisi teksnya.

2. Sebagai sosialisasi pendidikan
Saat ini sudah tidak asing lagi bukan penggunan poster sebagai media informasi pendidikan atau literasi warga. Dapat dilihat di rumah sakit poster yang berisi informasi kesehatan dan penyakit, seperti poster yang memperlihatkan tubuh seorang perokok.

3. Sebagai sumber informasi
Contoh poster yang digunakan untuk sumber informasi adalah poster yang berisi informasi suatu acara pertunjukan di suatu tempat atau acara lain yang mengundang audience untuk hadir dalam acara tersebut.

Tidak hanya itu, poster juga dapat digunakan untuk menyebar informasi lowongan pekerjaan yang memang sangat banyak dicari oleh orang-orang.

4. Sebagai media iklan
Fungsi yang satu ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu poster sebagai media iklan atau promosi. Kebanyakan yang menggunakan poster sebagai media promosi adalah perusahaan-perusahaan yang pasarnya memang end user.

5. Sebagai dekorasi dinding atau interior
Poster adalah gabungan antara kata dan gambar yang kebanyakan memiliki komposisi desain yang indah dan enak dipandang. Jadi, tidak heran jika poster juga digunakan untuk dekorasi yang menarik di dalam ruangan.

Bisa dilihat beberapa kafe pada dindingnya terdapat poster yang memnag dipasang untuk memanjakan mata pengunjungnya. Selain itu, beberapa anak muda terkadang di kamarnya pun terdapat poster yang berisi gambar yang disukainya.

Tujuan Dibuatnya Poster

tujuan poster
www.freepik.com

Pada pembahasan di atas sudah beberapa kali disinggung mengenai tujuan dibuatnya poster. Berikut rincian beberapa tujuan dibuatnya poster, yakni:

  1. Untuk menyapaikan suatu informasi sehingga pembaca dapat mengerti isi dari poster tersebut.
  2. Untuk mendapatkan perhatian yang lebih banyak dari publik mengenai informasi yang ada di poster tersebut.
  3. Untuk memberi pengaruh kepada publik agar mau mengikuti pesan yang ada pada poster tersebut.
  4. Untuk mengingatkan kembali kepada publik mengenai informasi yang penting.
  5. Untuk mencari perhatian atau simpati dari publik agar dapat ingat serta peduli dengan isi pesan pada poster tersebut.

Jenis Jenis Poster

jenis jenis poster
www.freepik.com

Jenis Poster Berdasarkan Isi

Poster bisa dibedakan berdasarkan isi yang dimuatnya. Hal yang sangat penting dan ditonjolkan pada poster adalah informasi yang disampaikan. Poster jenis ini menyampaikan sebuah informasi bukan kegiatan.

Berikut beberapa jenis poster yang dikelompokkan berdasarkan isi, yaitu:

1. Poster Pendidikan
Poster pendidikan adalah poster yang berisi pengarahan atau apapun yang mendidik untuk disampaikan ke masyarakat. Kebanyak adalah poster tentang pendaftaran murid baru.

2. Poster Kegiatan
Poster kegiatan adalah poster yang berfungsi untuk menyampaikan informasi tentang kegiatan. Contoh: kegiatan jalan santai, bersih desa, senam bersama, dan lain-lain.

3. Poster Layanan Masyarakat
Poster layanan masyarakat digunakan untuk menyampaikan informasi tentang pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan kesejateraan masyarakat. Misalnya tentang imuniasasi serentak anak SD, atau bisa juga poster mengenai bahaya merokok.

4. Poster Niaga
Poster niaga merupakan media komunikasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penawaran barang dan jasa.

5. Poster Karya Seni
Poster karya seni memiliki sifat ekspresif dimana pesan di dalam poster tersebut dapat diartikan berbeda oleh setiap orang.

Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Berbeda dengan jenis poster di atas, poster ini kebih menekankan pada tercapainya tujuan dari pembuat poster. Berikut beberapa poster yang dikelompokkan berdasarkan tujuan, antara lain:

1. Poster Kampanye
Poster kampanye digunakan untuk menarik simpati masyarakat sebanyak mungkin terhadap pastai politik dan juga calonnya agar masyarakat tersebut memilihnya ketika pemilu.

2. Poster Propaganda
Poster propaganda berfungsi untuk motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat luas agar mereka melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Penggunaan poster propaganda di masa penjajahan dulu dan sekarang berbeda. Ketika masa penjajahan poster ini digunakan untuk meningkatkan semangat juang rakyat. Sedangkan di era sekarang ini, penggunaan poster ini dapat dikatakan sebagai tindakan makar.

3. Poster Komersial
Poster komersial digunakan untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu barang maupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan agar dikenal oleh masyarakat dan akan meningkatkan nilai jualnya.

4. Poster Afrimasi
Poster afrimasi merupakan poster yang dapat memberikan dan meningkatkan motivasi kepada khalayak ramai yang membacanya. Di dalamnya terdapat kata-kata yang bisa mempengaruhi pembacanya.

5. Poster “Dicari”
Poster ini biasa disebut juga dengan poster “wanted”. Poster ini digunakan untuk mencari orang ataupun benda yang dibutuhkan. Misalnya orang hilang, buronan, atau bisa juga poster lowongan kerja.

6. Poster Film
Poster film berisi promosi tentang suatu film yang akan membuat masyarakat jadi ingin menonton film tersebut.

7. Poster Komik
Poster komik berfungsi untuk mempopulerkan komik tertentu agar masyarakat bisa tau komik tersebut.

8. Poster “Cheesecake”
Poster ini berisi nama-nama dan foto orang terkenal yang digunakan untuk mencari perhatian publik.

9. Poster Riset
Poster riset berisi informasi dan undangan kegiatan penelitian kepada masyarakat. Pada umumnya poster jenis ini dapat ditemukan di kalangan akademik, seperti sekolah dan juga kampus.

10. Poster Kelas
Poster kelas ialah poster yang berisi motivasi dan arahan untuk siswa agar rajin belajar dan juga menaati tata tertib yang ada. Poster jenis ini biasanya dipasang di ruang kelas sekolah maupun kampus.

Prinsip Desain Poster

prinsip desain poster
www.freepik.com

Dalam membuat desain ada prinsipnya masing-masing. Tak terkecuali dengan desain poster juga memiliki prinsip. Berikut prinsip-prinsip desain poster yang harus dipahami sebelum membuat desain, antara lain:

1. Keseimbangan (Balencing)

Keseimbangan merupakan prinsip yang digunakan agar sebuah desain tidak terkesan berat sebelah. Baik dalam bidang maupun ruangnya yang terisi oleh elemen grafis.

Jenis keseimbangan tata letak desain yang dapat diterapkan ada dua, yakni:

  • Desain simetris atau formal
  • Desain tidak simestris atau asimetris atau non-formal.

Sedangkan keseimbangan dalam prinsip desain poster antara lain:

  • Keseimbangan ukuran dan bentuk
  • Keseimbangan warna
  • Keseimbangan yang diperoleh karena tekstur

Dari keseluruhan itu yang paling terasa adalah keseimbangan yang tercipta dari komposisi.

2. Alur Baca (Movement)

Alur baca digunakan untuk mengatur dan mengarahkan mata pembaca mulai dari mana seharusnya dia membaca dengan cara membuat desain terlihat menonjol pada bagian tertentu.

3. Penekanan (Emphasis)

Penekanan diciptakan dengan membuat judul yang jauh lebih menonjol dari elemen desain yang lain berdasarkan urutan prioritas. Penekanan dapat dicapai dengan:

  • Latar belakang yang kontras dengan teks maupun gambar.
  • Menggunakan perbedaan warna yang mencolok.
  • Memanfaatkan ruang kosong.
  • Perbedaan ukuran, jenis, dan warna font.

4. Kesatuan (Unity)

Beberapa bagian daam poster harus dipisahkan atau digabungkan berdasarkan kelompok informasi. Seperti nama gedung untuk tempat acara berlangsung harus dekat dengan teks alamat.

Kesatuan dapat dicapai dengan hal-hal berikut:

  • Mendekatkan beberapa elemen desain
  • Menggunakan garis sebagai pemisah informasi
  • Menggunakan garis sebagai perbedaan informasi
  • Elemen antara elemen ada yang dibuat bertumpuk
  • Perbedaan warna latar belakang

5. Kesan (Specific Appeal)

Poster didesain untuk keperluan khusus berdasarkan suatu tema. Hal ini digunakan untuk memberikan kesan suatu sentuhan yang sesuai dengan acara, layanan, ataupun produk. Seperti berikut contohnya:

  • Poster untuk menjual mobil, sebaiknya menggunakan font yang elegan dan warna yang mewah.
  • Poster untuk imunisasi bayi, sebaiknya menggunakan elemen desain yang lucu dan imut.
  • Poster untuk bedak wanita, sebaiknya menggunakan warna yang soft, desain yang lembut atau dekoratif.

Cara Membuat Poster

cara membuat poster
www.freepik.com

Dalam membuat poster ada langkah-langkah konseptual yang harus ditentukan dulu sebelum mendesain poster tersebut. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Menentukan Topik dan Tujuan
Apa yang ingin dibahas di dlaam poster harus ditetukan terlebih dahulu. Kemudian tentukan alasan mengapa membuat poster tersebut. Apakah poster tersebut akan dibuat untuk promosi atau hanya sekedar sosialisasi.

Jika akan membuat poster promosi, maka harus melakukan riset yang serius terlebih dahulu mengenai kata-kata yang akan digunakan, gambar, dan juga peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.

2. Membuat Kalimat Singkat Bersifat Mensugesti
Kebanyakan poster hanya akan dibaca secara sekilas. Oleh karena itu, kalimat yang digunakan harus singkat agar dapat dibaca hanya dalam beberapa detik saja. Dengan kalimat yang singkat itu, pesan akan tersampaikan dengan baik.

3. Gunakan Gambar
Gambar adalah alat yang penyampai pesan yang menarik dan dapat mempermudah penyampaian pesan tersebut. Maka dari itu, kebanyakan poster lebih banyak penggunaan gambar daripada teksnya. Sebaiknya gambar yang digunakan adalah yang memiliki warna mencolok agar lebih menarik.

4. Menggunakan Media yang Tepat
Media yang dimaksud di sini adalah tempat untuk menempel poster tersebut. Media yang akan menentukan poster tersebut nantinya akan dilihat banyak orang atau tidak. Cari media yang berpeluang tinggi untuk dilihat khalayak ramai.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Poster

poster carnival
www.freepik.com

Berikut poin-poin yang harus diperhatikan dalam membuat poster agar poster dapat lebih tepat kepada target, antara lain:

  • Dibutuhkan gambar yang mencolok untuk menciptakan rasa penasaran orang
  • Biasanya poster akan dibaca dengan jarak minimal 1 meter, maka gunakanlah jenis dan ukuran font yang mudah dibaca.
  • Poster harus diisi dengan tulisan yang bersifat sugesti, efektif, dan mudah diingat.
  • Jangan sampai mengisi poster dengan gambar atau tulisan hingga penuh, hal ini akan menurunkan minta baca orang secara detail.
  • Komposisi keindahan harus diperhatikan agar semakin menarik perhatian masyarakat.

Jika ingin membuat poster, perhatikan ulasan di atas agar poster dapat tepat sasaran. Membuat desain poster dapat dilakukan di Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, maupun Corel Draw. SemangART Berkarya!!

Tinggalkan komentar