fungsi adobe illustrator

Fungsi Adobe Illustrator yang Memiliki Banyak Kelebihan

Fungsi Adobe Illustrator – Kalau bicara soal desain grafis, ada banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan. Memang desain grafis itu banyak sekali macamnya, mulai dari desain layout, annimasi, fotografi, videografi dan fotografi.

Karena itulah banyak sekali aplikasi desain grafis yang digunakan sesuai dengan jenis desain grafisnya. Software yang paling terkenal adalah Corel Draw dan Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop merupakan produk dari Adobe System, yang mana merupakan penyedia software desain grafis. Produk dari Adobe System ada banyak, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Lightroom, Adobe Bridge, Adobe After Effect, dan Adobe Premiere.

Semua software di atas memiliki fungsi masing-masing dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah fungsi Adobe Illustrator.

Sudah ada yang tau belum nih apa itu Adobe Illustrator?

Bagi sobat yanng belum tau mengenai Adobe Illustrator paling tidak sudah punya aplikasinya lah ya.. Mari kita bahas bersama mengenai Adobe Illustrator.

Pengertian Adobe Illustrator

pengertian adobe illustrator
www.matawebsite.com

Adobe Illustrator adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh Adobe System yang digunakan untuk editor gambar vektor.

Bagi orang-orang yang sudah berkecimpung dalam dunia desain grafis dan multimedia pasti software tidak asing lagi.

Tapi tenang saja, bagi pemula tidak perlu khawatir. Adobe Illutrator ini sangat mudah dipelajari. Desainer grafis akan dimanjakan dengan kelengkapan fitur yang dimilikinya untuk menciptakan karya desain yang estetik.

Adobe Illustrator biasanya disebut sebagai pendamping Adobe Photoshop. Oleh karena itu, kita dapat dengan mudah mengkombinasikan desain dari Adobe Illustrator dengan Adobe Photoshop untuk menciptakan desain yang menarik dan cukup keren.

Fungsi Adobe Illustrator

fungsi adobe illustrator
www.udemy.com

Secara garis besar fungsi Adobe Illustrator adalah seperti yang telah disebutkan dalam pengertian di atas, yaitu sebagai software editing gambar berbasis vektor. Contoh gambar berbasis vektor ini misalnya logo.

Kenapa logo menggunakan format gambar vektor? Hal ini dikarenakan kepadatan dari pexelnya bisa membat gambar lebih detail. Software Adobe Illustrator ini dapat menjadi pilihannya.

Selain fungsi Adobe Illustrator sebagai pembuat logo, masih ada banyak lagi fungsinya. Berikut beberapa fungsi dari Adobe Illustator yang dapat menghasilkan karya-karya, antara lain:

  1. Logo website / blog
  2. Logo perusahaan
  3. Desain aplikasi
  4. Desain gambar
  5. Ikon aplikasi
  6. Desain kaos
  7. Watermark
  8. Wallpaper
  9. Spanduk
  10. Diagram
  11. Ilustrasi
  12. Banner
  13. Kartun
  14. Grafik
  15. Tabel

Kelebihan dan Kekurangan

kelebihan adobe illustrator
coddyschool.com

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi Adobe Illustrator, kita juga harus tahu kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya. Diatas sudah disinggung beberapa kelebihan Adobe Illustrator.

Tapi tidak hanya itu saja, masih banyak lagi kelebihannya. Berikut kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Adobe Illustrator.

Kelebihan Adobe Illustrator

kelebihan adobe illustrator
illustrators.ru

1. Adobe Illustrator terintegrasi dengan produk Adobe yang lain sebagai Adobe Creative Suite

Beberapa fitur yang dimiliki Adobe Illustrator terintegrasi dengan fitur pada software Adobe yang lain dan fleksibel pada berbagai software Adobe yang lain, seperti Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe Bridge, Adobe Premiere, Adobe After Effect, dan produk Adobe yang lainnya.

2. Kualitas gambar yang dimilikinya tajam

Adobe Illustrator merupakan software berbasis vektor, maka hambar yang dihasilkannya memiliki kualitas yang tajam.

3. Sangat cocok untuk menggambar ilustrasi dan kartun

Seperti yang namanya, fungsi Adobe Illustrator yang begitu menonjol adalah fungsinya sebagai pembuat ilustrasi. Selain itu, dapat juga menghasilkan drop shadow yang sangat baik dan apik. Oleh karena itu dapat menghasilkan ilustrasi dan kartun yang terlihat lebih maksimal.

4. Mampu menangani file berukuran besar

Aplikasi desain grafis ini dapat mengatasi file RAW yang mempunyai ukuran besar, sedangkan aplikasi tetap berjalan dengan stabil. Selain itu, Adobe Illustrator tetap mampu menangani dengan baik proses rendering yang ada dengan tidak mempengaruhi kualitas RAW.

Software ini memang dioptimasikan untuk penggunaan high-end yang mana kebutuhan akan processig dan rendering huge file berkualitas tinggi sangat dibutuhkan.

5. Mampu mencetak print out beresolusi

Kelebihan Adobe Ilustrator selanjutnya adalah kemampuannya dalam mencetak gambar yang memiliki resolusi tinggi. Kita tidak perlu khawatir kehilangan resolusi gambar atau loss-resolution pada saat proses print out terjadi.

6. Dapat menampilkan grafis print out dengan baik

Output gambar di Adobe Illustrator ini bisa dibilang memiliki kualitas yang baik hampir mendekati tampilan di layar monitor atau LCD saat di edit.

7. Mempunyai fasilitas yang baik untuk export ke vektor

Software ini mendukung fitur export ke format vektor dengan format file SVG (Scalable Vector Graphic) yang baik dan akurat. Berarti kita bisa melakukan konversi grafis yang dibuat menggunakan Adobe Illustrator ini ke format SVG langsung dari aplikasinya.

8. Adanya fitur layer

Adobe Illustrator ini memang tidak jauh beda dengan Adobe Photoshop, pada software ini juga terdapat layer. Layer menjadi pemisah antara objek satu dengan yang lain untuk memudahkan dalam pengorganisasian element.

Bukan berarti gambar akan terlihat terpisah-pisah, gambar akan terlihat tetap utuh menjadi satu kesatuan desain. Hanya saja antar element terpisah saling bertumpuk (stack). Dengan adanya fitur layer ini memudahkan para desainer grafis saat proses membuat desain yang kompleks.

9. User friendly & user interface

Bagi pemula tidak perlu khawatir saat belajar AI, karena software ini memiliki tampilan user interface serta penggunaan yang user friendly. Adobe Illustrator sangat mudah digunakan dan dioperasikan karena menu dan toolbarnya tidak terkesan membuat ribet.

10. Bisa menghasilkan warna smooth

Adobe Illustrator atau AI ini menghasilkan warna yang mempunyai kualitas baik, dimana warna yang dihasilkan mempunyai tekstur dan finishing yang halus. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi software desain grafis yang satu ini.

11. Image refening yang baik

AI atau Adobe Illustrator ini memiliki kualitas resolusi yang baik. Software ini juga mampu mempertahankan kualitas resolusi gambar saat disimpan dan diexport pada tingkat yang paling baik, sehingga gambar yang dihasilkan pun tidak akan kehilangan resolusi terbaiknya.

12. Saat proses editing lebih ringan dan lebih cepat

Kekurangan Adobe Illustrator

kekurangan adobe illustrator
kit8.net

1. Terkadang tempat produksi ada yang tidak support

2. Cukup susah untuk mengedit atau memberi efek pada foto

3. Untuk instalasi Adobe Illustrator harus menggunakan PC atau laptop yang sesuai dengan desain.

4. Penggunaan fitur power clip-nya tidak terlalu baik

5. Gambar tampak tidak realistis

6. Fiturnya memang lengkap, namun cukup ribet untuk pengerjaan layout

Versi Adobe Illustrator

versi adobe illustrator
steemit.com

Saat ini Adobe Illustrator bisa dibilang sebagai software desain grafis yang cukup populer. Kelengkapan dan kecanggihan Adobe Illustrator saat ini tidak terlepas dari perkembangannya mulai dari saat pertama kali dirilis.

Hingga kini AI sudah memiliki banyak versi. Pada setiap versinya pun memiliki penambahan fitur-fitur baru yang semakin membuatnya menjadi software yang lengkap.

Berikut perkembangan Adobe Illustrator mulai dari awal dirilisnya hingga kini.

1. Versi 1-1,6 (Illustrator 88)

Versi ini merupakan versi Adobe Illustrator yang pertama kali dirilis pada Desember 1986. Saat itu Adobe Illustrator sebagai pendamping Adobe Photoshop.

2. Versi 2-5

Versi 2.0 ini merupakan Adobe Illustrator versi pertama untuk Windows yang dirilis pada awal tahun 1989. Namun pada periode versi ini masih kalah populer dengan Corel Draw.

3. Versi 6-10

Versi 6 ini dirilis pada tahun 1996. Pada versi ini AI sudah dibekali dengan beberapa perubahan penting, seperti penggunaan user interface yang sama dengan Adobe Photoshop.

4. Versi CS-CS5

Adobe Illustrator CS merupakan versi pertama yang membekali kemampuan 3 Dimensi sehingga memungkinkan desainer grafis melakukan extrude or revolve shapes untuk membuat objek 3 Dimensi sederhana.

5. Versi CS2

Adobe Illustrator CS2 (versi 12) dibuat untuk sistem operasi Mac OS X dan Windows Microsoft. Fitur baru yang ada pada versi ini adalah Live Trace, Live Paint, sebuah palet kustom kontrol dan ruang kerja.

6. Versi CS3

Adobe Illustrator CS3 menambahkan perubahan pada Control Bar, Align Individual Points, Multiple Crop Areas, Color Guide Panel dan fitur Live Color.

7. Versi CS4

Adobe Illustrator CS4 dirilis pada Oktober 2008 yang memiliki kemampuan untuk menciptakan beberapa artboards yang memungkinkan kita untuk membuat beberapa versi dari sebuah pekerjaan dalam satu dokumen.

8. Versi CS5

Adobe Illustrator CS5 dirilis pada April 2010 dengan membawa fitur barunya yaitu alat Perspektif Grid yang diambil dari FreeHand, sebuah sikat bulu (untuk stroke tampak lebih alami dan painterly) dan update yang komprehensif untuk stroke

9. Versi CS6

Versi ini merupakan AI generasi ke 16. Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan. Versi CS6 ini lebih cepat dan lebih intuitif, dengan stabilitas rock-solid ketika bekerja pada file yang kompleks.

Seiring berkembangnya waktu, Adobe Illustrator pun juga mengembangkan fitur-fiturnya dengan melahirkan versi baru. Sebenarnya tampilannya tidak jauh beda dengan versi sebelumnya, hanya saja ada beberapa tambahan.

Jika ingin belajar Adobe Illustrator tidak perlu ngawatir kalau ada perbedaan versi. Semua mudah dipelajari dan mudah dipahami. Jangan lupa pelajari juga Shortcut Corel Draw. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. SemangART Berkarya !!

Tinggalkan komentar