cara merawat kamera agar awet

13 Tips Mudah Cara Merawat Kamera DSLR Agar Awet

Cara Merawat Kamera – Haii sobat pecinta fotografi.. Sudah punya kamera DSLR sendiri belum nih? Kamera merupakan satu benda yang pasti diinginkan oleh para pecinta fotografi.

Tapi perlu diingat juga, bagi yang sudah memiliki benda berharga ini harus pintar-pintar untuk merawatnya. Cara merawat kamera tak semudah membawanya dari toko ke rumah ya guys. Kita harus tau bagaimana membuat kamera itu tetap awet, karena mengingat harganya yang tidak murah.

Bagaimana cara merawat kamera yang baik dan benar?

Yuk, simak uraian di bawah ini mengenai cara merawat kamera DSLR agar tetap panjang umur.

1. Jauhkan dari Air dan Kelembapan

kamera dslr harus dijauhkan dari air, gambar kamera terkena air
genpijogja.com

Pasti sudah pada tau ya kalau air adalah musuh nomor satu bagia laat elektronik, termasuk juga kamera DSLR. Kamera DSLR memiliki sifat yang sangat sensitif terhadap air.

Jika sampai ada air yang masuk dan mengenai salah satu komponen kamera, maka bisa membuat kerusakan pada kamera. Meskipun pada kamera yang memiliki label waterproof atau weather sealed. Kamera harus tetap dibatasi untuk kontak langsung dengan air.

Air yang berbentuk uap akan lebih bahaya bagi kamera. Apalagi jika kamera digunakan untuk memotret di tempat yang memiliki kelembapan tinggi. Uap air tersebut dapat masuk ke internal kamera sehingga dapat merusak bahkan jamur dapat tumbuh pada lensa. Sisa uap air juga bisa membuat lensa berembun.

2. Menjaga Kebersihan Lensa Kamera

membersihkan lensa kamera hd
pixabay.com

Meskipun kamera jarang digunakan, kebersihannya harus tetap dijaga. Kita perlu membersihkannya secara rutin. Gunakan peralatan khusus untuk membersihkan lensa kamera agar kualitas kamera tetap terjaga.

Hal yang paling utama dijaga adalah lensa, karena dia menjadi penentu hasil gambar yang akan kita dapatkan. Cara membersihkan lensa kamera tidak boleh sembarangan, harus penuh hati-hati agar tidak membuat lensa tergores.

Jangan sampai memegang lensa kamera dengan jari. Hal ini akan membuat lensa menjadi kotor karena tangan mengandung minyak. Selalu gunakan lens cap (tutup lensa) untuk melindunginya dari debu, sidik jari, dan berbagai macam benturan.

3. Lindungi Lensa dengan Filter

filter lensa kamera dslr
shopmayanh.vn

Memasang UV filter pada lensa akan membuat kamera lebih awet lagi. Hal ini juga salah satu cara untuk merawat kamera digital. Dengan memasang UV filter pada lensa kamera tidak akan mengurangi kualitas bidikan lensa ke objek.

Fungsi dari UV filter ini untuk menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Tidak hanya itu, UV filter juga dapat melindungi lensa dari debu dan kotoran yang mungkin akan menempel pada lensa.

Ketika membersihkan lensa, filter ini juga harus dibersihkan. Perlakuan saat membersihkannya tidak perlu sehati-hati seperti membersihkan lensa kamera. Cukup dengan menggosoknya dengan kain yang halus saja.

4. Pasang Lens Hood pada Lensa

lens hood lensa kamera dslr hd
id.pinterest.com

Lens hood atau penutup lensa berfungsi untuk mencegah cahaya masuk secara berlebihan ke sensor kamera. Kepekaan sensor bisa berkurang apabila cahaya masuk ke dalam sensor kamera dalam jangka panjang.

Maka, ketika sedang hunting foto di ruang terbuka saat siang hari jangan lupa pasang lens hood dan juga UV filternya. Dengan memasang lens hood juga akan membuat kamera menjadi lebih keren dan optik lensa terjaga dari benturan. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal.

5. Membersihkan Body Kamera

merawat body kamera dslr hd
pixabay.com

Perawatan dan penjagaan kebersihan tidak hanya dilakukan untuk lensa kamera, body kamera juga perlu dibersihkan. Body kamera kan yang selalu kita pegang saat mengambil gambar, pasti tidak akan nyaman kan kalau yang kita pegang itu berdebu.

Nah, pembersihan secara berkala juga harus dilakukan untuk body kamera. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan kamera serta kain yang halus dengan jenis microfiber. Usahpkan kain yang telah diberi cairan khusus ke seluruh body kamera.

Jangan sampai lupa untuk membersihkan juga bagian ring zoom dan ring focus. Kedua bagian ini sering kali terlewatkan saat proses membersihkan kamera.

6. Lindungi LCD Kamera dengan Screen Guard

screen guard lcd kamera dslr hd
www.amazon.com

Tidak hanya layar ponsel saja yang menggunakan screen guard (pelindung layar), namun LCD kamera juga perlu dilindungi dengan screen guard. Dengan adanya pelindung layar akan menjaga layar supaya tidak tergores dan terkena sidik jari. Selain itu, juga melindungi dari debu dan air.

Banyak fotografer yang melalaikan satu hal ini. Padahal harga screen guard LCD kamera terbilang murah. Screen guard sangat berperan menjaga layar LCD tetap mulus dan bersih.

7. Tempatkan Kamera di Dalam Tas Khusus Saat Pergi

tas khusus untuk membawa kamera dslr dan perlengkapannya
www.jakartanotebook.com

Ketika akan hunting foto, pastikan membawa tas kamera khusus untuk menempatkan kamera. Tas kamera sudah didesain sedemikian rupa untuk melindungi kamera jika sampai terjadi benturan. Terdapat bantalan empuk dan sudah terbagi menjadi sekat-sekat tersendiri.

Fungsi sekat-sekat itu untuk menyimpan:

  • kamera
  • lensa
  • charger
  • filter
  • dan perlengkapan lainnya.

Dengan menggunakan tas khusus kamera ini akan membuat aktifitas kita selama proses pemotretan akan lebih nyaman. Tidak perlu memikirkan keselamatan kamera. Tas kamera sudah memiliki ketahanan yang tinggi sehingga kamera tidak akan terbentur dan terkena gesekan.

Perhatikan material yang digunakan untuk memilih tas kamera yang sempurna. Semakin ringan dan kuat tas, biasanya semakin baik kualitas tas tersebut. Akan lebih baik jika material yang digunakan tahan terhadap air.

8. Merawat Baterai Kamera

merawat baterai kamera dslr
www.blibli.com

Baterai yang biasa digunakan pada kamera yaitu baterai lithium-ion, pada umumnya mempunyai usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jika telah melewati 500 kali charging, biasanya daya baterai akan menurun. Kita harus segera mengganti baterai tersebut.

Agar tetap awet, cara merawat baterai kamera DSLR adalah tidak membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan yang memiliki suhu ekstrim 43°C. Jangan sampai lupa mengisi daya baterai saat kamera sudah tidak digunakan dalam jangka waktu panjang.

9. Memotret Menggunakan Shoulder Strap

tali kamera dslr atau Shoulder Strap camera dslr
www.amazon.com

Hal yang mungkin dianggap remeh ini ternyata termasuk dalam bagian merawat kamera. Saat memotret, hendaknya selalu menggunakan shoulder strap. Fungsi dari tali ini adalah untuk menggantung kamera pada leher.

Dengan menggunakan shoulder strap akan memperkecil kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kumingkinan kamera terjatuh dari genggaman. Harganya yang murah tapi perlindungannya terhadap kamera sangat optimal.

10. Menyimpan Kamera di Dry Box

dry box kamera dslr hd
www.nesabamedia.com

Penyimpanan untuk kamera yang baik adalah di dry box. Di dalam dry box kamera akan terlindungi dari perubahan suhu yang tergolong ekstrim. Kamera akan tetap terjaga dalam keadaan kering dan terhindar dari kelembapan yang dapat merusak komponen internal kamera.

Hal yang paling berbahaya adalah jika kamera sampai terkena jamur. Nah, dengan memasukkanya ke dalam dry box akan mencegah tumbuhnya jamur pada kamera, khususnya pada lensa kamera.

11. Mematikan Sebelum Membongkar Kamera

membokar kamera dalam keadaan mati off
id-photographer.com

Bagian-bagian kamera dapat dilepas dan dipasang secara manual, seperti baterai dan memory card di dalamnya. Harus dipastikan kamera dalam keadaan off sebelum melepas bagian-bagian tersebut. Dengan begitu, sistem di dalam kamera tidak cepat rusak akibat aliran listrik yang tiba-tiba berhenti.

12. Merawat Tombol Kamera DSLR

merawat tombol kamera
snapshot.canon-asia.com

Kamera memiliki beragam tombol yang digunakan untuk mengaplikasikan fiturnya seperti tombol untuk mengatur ISO, Shutter Speed, menu, merekam video, dll. Selalu perlakukan tombol dengan halus dan jangan menekan tombol dengan penuh tenaga. Agar tombol awet dan tetap berfungsi dengan baik meskipun kamera sudah cukup lama.

Jika terasa macet pada tombol putar kamera DSLR, jangan sampai memaksanya untuk terus diputar. Hal itu akan membuatnya semakin rusak. Lebih baik bawa kamera ke tempat servis terdekat agar segara diperbaiki.

13. Menjauhkan Kamera dari Garam

kamera di pantai hd
www.dzoom.org.es

Pantai merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Banyak fotografer yang sering kali memotret di pantai menggunakan kamera DSLR. Padahal keadaan pantai kurang baik untuk kamera.

Mengapa demikian?

Hal itu karena kandungan garam pada air laut yang sangat tinggi dapat merusak berbagai komponen logam di dalam kamera. Komponen kamera akan cepat korosi.

Sebaiknya setelah melakukan pemotretan di pantai, lap dulu kamera DSLR sebelum dimasukkan ke penyimpanan agar garam tidak ikut masuk.

Perawatan-perawatan di atas perlu dilakukan oleh setiap fotografer. Hal ini dimaksudkan agar kamera yang kita punya tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya para fotografer.

Tinggalkan komentar