Cara Membersihkan Lensa Kamera yang Baik dan Benar

tips cara membersihkan lensa kamera digital yang baik dan benar

Cara Membersihkan Lensa Kamera – Bagi kalian yang menggeluti dunia fotografi pasti sudah tau kan kalau lensa kamera merupakan bagian terpenting pada kamera. Bisa jadi lensa menjadi penentu hasil jepretan kita dalam menangkap kejelasan, detail gambar, dan warna.

Bukan hanya bagian terpenting, lensa ternyata bagian yang paling sensitif pada kamera. Debu dan kotoran mudah sekali menempel pada lensa. Oleh karena itu, merawat dan membersihkan kamera wajib dilakukan.

Karena tingkat kesensitifannya yang tinggi, cara membersihkan lensa kamera pun tidak bisa sembarangan. Harus jeli dan hati-hati dalam membersihkannya.

Lensa kamera merupakan bagian terpenting dan paling sensitif pada sebuah kamera

Seorang fotografer jangan hanya mempelajari teknik fotografi saja, hal ini juga sangat penting untuk dipelajari demi keawetan kamera. Karena membersihkan kamera merupakan salah satu bagian dari cara merawat kamera.

Bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang baik dan benar?

Berikut 7 tips untuk membersihkan lensa kamera.

Cara Membersihkan Lensa Kamera

cara membersihkan lensa kamera yang baik dan benar

zoomacademia.com

Banyak orang yang takut untuk membersihkan lensa kamera karena memang tidak semudah yang dibayangkan. Tapi bukan berarti karena takut merusak lensa ketika sedang membersihkannya, kita jadi membiarkan lensa tersebut kotor.

Berikut beberapa tips membersihkan lensa kamera tanpa merusak coating lensa, antara lain:

1. Menyiapkan Ruang yang Bersih

kamera dan lensa di meja

www.tataindahsaranacargo.com

Sebenarnya membersihkan lensa kamera tidak memerlukan tempat khusus. Hanya saja tempat tersebut harus terbebas dari debu dan kotoran serta kering. Sebaiknya dilakukan di dalam ruangan yang ada mejanya untuk menaruh perlengkapan kamera dan alat pembersih yang diperlukan.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan lensa kamera antara lain:

  • Lens pen
  • Tissue lens
  • Sensor clean
  • Cotton bud
  • Swab
  • Blower
  • Cairan pembersih optik

2. Cahaya yang Cukup

cahaya untuk membersihkan lensa kamera

purple11.com

Penerangan sangat dibutuhkan ketika membersihkan lensa kamera. Ruangan yang memiliki cahaya yang cukup akan mempermudah kita melihat seberapa besar proses pembersihan yang harus dilakukan untuk lensa itu.

Jika menggunakan lampu duduk seperti lampu belajar, alangkah baiknya kita mendekatkan lensa ke lampu tersebut. Hal ini akan lebih mempermudah proses pembersihan karena debu atau kerikil kecil yang ada pada lensa sangat lembut. Akan lebih mudah jika pembersihan dilakukan pada siang hari.

3. Melepas Lensa Kamera

melepas lensa kamera

youtube.com

Melepas lensa kamera harus dilakukan dengan sangat hati-hati, terutama pada filter kamera. Filter kamera berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang akan masuk ke dalam kamera.

Langkah-langkah melepas lensa kamera yakni:

  • Menutup body kamera dan bagian belakang lensa
    Hal ini dimaksudkan agar tidak terkena kotoran dari lensa.
  • Melepas lensa kamera
    Lensa bisa langsung dilepas jika semua sudah tertutupi. Jangan terlalu keras saat melepas lensa. Bisa menyesuaikan dengan pengait yang ada untuk mempermudah lensa bisa terlepas.
  • Simpan body kamera
    Amankan bagian-bagian kamera yang lain di tempat yang sekiranya tidak terjangkau ketika sedang membersihkan lensa. Jika perlu tempatkan bagian kamera tersebut di atas kain agar lebih dapat daya cengkram dan tidak mudah jatuh.
  • Lepas lens hood
    Jika kamera DSLR menggunakan lens hood untuk melindungi kamera dari sinar UV, maka harus dilepaskan juga.

4. Menggunakan Kuas Kering atau Blower

kuas untuk membersihkan lensa kamera

cakrawalacreative.com

Jika terdapat kotoran dan debu yang ada pada lensa akan sangat mengganggu dalam proses pengambilan gambar. Untuk membersihkannya tidak boleh sembarangan, seperti menggunakan tisu atau kain basah.

Dikhawatirkan jika ada debu atau kerikil kecil kemudian digosok maka akan membuat lensa kamera tergores dan malah membuatnya menjadi rusak.

Lensa kamera bagaikan mata, jika ada debu yang masuk tidak diperbolehkan untuk menguceknya karena dikhawatirkan akan menggoreskan luka

Menggunakan kuas kering atau blower adalah cara yang tepat dilakukan sebelum membersihkan lensa. Buang debu atau kerikil kecil terlebih dahulu sebelum di lap.

  • Kuas kering (lens pen) berfungsi membersihkan hingga ke celah-celah lensa tanpa adanya goresan
  • Blower khusus kamera dapat menerbangkan kotoran sehingga tidak akan ada goresan pada lensa

5. Lap dengan Kain Microfiber

Kain Microfiber untuk membersihkan lensa kamera

www.minuto30.com

Bila kotoran sudah terangkat oleh kuas atau blower, langkah selanjutnya adalah membersihkan lensa kamera dengan kain microfiber. Sebisa mungkin sediakan dua kain, yang satu untuk lensa dan satunya untuk body lensa.

Namun jika hanya memiliki satu kain, bisa dengan cara membersihkan lensa kamera terlebih dahulu kemudian ke body lensa. Karena dikhawatirkan jika body lensa terlebih dahulu, kotorannya yang ada padanya dan menempel pada kain akan menggores lensa.

6. Menggunakan Cairan Pembersih Lensa

cairan pembersih lensa kamera dan cairan pembersih lensa kamera

moedah.com

Pada langkah sebelumnya lensa kamera sudah dilap hingga bersih, kemudian ulangi lagi lap lensa dengan menambahkan cairan pembersih lensa khusus yang direkomendasikan.

Jangan asal menggunakan cairan pembersih lensa. Karena mengingat kembali bahwa lensa adalah bagian yang paling sensitif. Sebaiknya pilih cairan pembersih lensa yang memiliki merk sama dengan vendor kameranya.

Cara memakai cairannya pun tidak boleh asal. Jangan sampai meneteskan atau menyemprotkan cairan secara langsung pada lensa kamera. Cara yang tepat adalah dengan meneteskan atau menyemprotkan cairan ke kain microfiber.

Membersihkan lensa kamera bisa dengan cara gerakan memutar pada kaca lensa. Hal ini dimaksudkan agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

7. Menggunakan Peralatan yang Benar

peralatan untuk membersihkan lensa kamera

www.superadventure.co.id

Dari tips-tips yang ada di atas, penggunaan peralatan juga harus diperhatikan. Jangan asal ketika memilih peralatan pembersih kamera, semua harus disesuaikan dengan jenis kameranya.

Biasanya para pemula sering terburu-buru dalam pemilihan kain untuk membersihkan lensa. Hal ini dapat berpengaruh pada keawetan lensa kita. Saat ini sudah banyak terjual berbagai peralatan untuk membersihkan lensa kamera. Kita dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Berjamur

cara membersihkan lensa kamera berjamur

www.diykamera.com

Tidak hanya debu dan minyak saja yang mengganggu kebersihan lensa, bahkan jamur pun dapat tumbuh pada lensa kamera. Ketika membersihkannya pun tidak boleh dengan cara yang ekstrim, karena itu dapat merusak coating.

Coating merupakan penyaring cahaya yang masuk ke lensa. Jika salah dalam membersihkan lensa, bisa jadi coating akan terkikis dan akan mengurangi kualitas lensa seperti tingkat ketajaman, detail gambar, warna, dan sebagainya.

Bagaimana cara membersihkan lensa kamera berjamur tanpa merusak coating?

Berikut tips-tips membersihkan lensa dari jamur.

1. Menyiapkan Peralatan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan lensa yang berjamur adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Peralatan pembersih lensa tersebut antara lain:

  • Obeng plus atau tool kit
  • Penjepit
  • Kain karbon khusus kamera
  • Cairan permbersih kamera

2. Membuka Lensa

Cara membuka lensa yang benar adalah dari sebelah ujung. Gunakan penjepit untuk membuka stiker penutup lensa.

3. Buka Layer Pertama Lensa

Langkah selanjutnya untuk membersihkan lensa kamera yang berjamur yaitu membuka layer pertama lensa dengan cara melepas tiga baut yang menguncinya.

4. Buka Layer Kedua Lensa

Setelah layer pertama terbuka, lanjutkan untuk membuka layer kedua. Kendorkan dan buka baut dengan mengangkat lensa dari dudukan secara perlahan.

5. Lap Lensa yang Berjamur

Tuangkan cairan pembersih yang telah disiapkan pada kain. Kemudian lap bagian lensa yang ditumbuhi oleh jamur. Jangan sampai ada jamur yang tertinggal serta debu atau kotoran yang masih menempel.

Dalam proses ini juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak sampai terjadi gesekan pada lensa dan kualitas lensa tetap terjaga dengan baik.

6. Pasang Lensa Kembali

Setelah proses pembersihan selesai, pasang kembali setiap bagian lensa dengan baik dan benar. Jangan sampai terjadi salah pasang.

7. Pastikan Tutup Lensa Bersih

Semua bagian lensa telah bersih kemudian tutup lensa tersebut. Kebersihan tutup lensa juga harus diperhatikan, terutama dari debu. Agar saat digunakan untuk menutup lensa tidak ada kotoran lagi yang membekas di bagian lensa.

Setelah mengetahui cara membersihkan lensa kamera yang baik dan benar, kalian bisa mempraktikannya sendiri. Selalu menjaga kamera dalam keadaan bersih merupakan hal yang paling utama, apalagi menjaganya dari jamur.

Melakukan pembersihan secara berkala juga bisa mencegah tumbuhnya jamur pada lensa. Jika perlu bisa gunakan Dry Box untuk menjaga suhu supaya tetap stabil dan terhindar dari jamur membandel.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan membantu para pembaca yang sedang membutuhkan informasi ini.

Referensi artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *